Selasa, 30 April 2013

CONTOH KASUS KIMIA DAN FISIKA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PSIKOLOGI


PEMBENTUKAN IKATAN KIMIA.
            Pada bab ini saya akan membahas tentang Ikatan kimia dan berhubungan lansung dengan psikologi, didalam pelajaran IAD bab 4. Sebelumnya saya akan menjalaskan definisi kimia dan Psikologi. Kimia adalah Cabang ilmu pengetahuan alam yang khusus mempelajari susunan dan struktur zat beserta perubahannya. Sedangkan Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan. Mungkin akan langsung saya kaitkan dengan Human Relationship (Hubungan manusia), baik dalam hubungan berpacaran maupun pertemanan.
            Ikatan Kimia adalah daya tarik antara atom yang menyebabkan suatu senyawa kimia dapat bersatu. Kekuatan daya tarik menarik ini menentukan sifat-sifat kimia dari suatu zat, dan cara ikatan kimia berubah. (James E. Brady, Kimia Universitas : Asas dan Struktur, 1999).
            Ini sesuai dengan konsep hubungan yang ada pada manusia. Pada dasarnya manusia memiliki ikatan karena adanya tarik menarik antara satu dengan yang lain. Mungkin karena kebutuhan atau tuntutan sosial, dan kekuatan daya tarik itulah yang akan menentukan sifat hubungan yang terjalin nanti.
            Tujuan pembentukan ikatan kimia adalah agar terjadi pencapaian kestabilan suatu unsur.
            Secara tidak langsung, dalam menjalin hubungan ada kebutuhan untuk lebih stabil dan memenuhi tugas perkembangan selanjutnya. Seperti yang kita bahas di psikologi perkembangan kalau setiap usia memiliki tugas perkembangan yang harus dilewatinya.
ikatan kimia dibedakan menjadi 4 yaitu :
1.        Ikatan ion
2.        Ikatan kovalen
3.        Ikatan kovalen koordinat / koordinasi / dativ
4.        Ikatan logam
1.    Ikatan Ion ( elektrovalen ) (Take and Give) Terjadi jika atom unsur yang memiliki energi ionisasi kecil/rendah melepaskan elektron valensinya (membentuk kation) dan atom unsur lain yang mempunyai afinitas elektron besar/tinggi menangkap/menerima elektron tersebut (membentuk anion).
     Dalam hubungannya ikatan yang terjadi antara persahabatan adalah saling melengkapi atau ada yang menerima atau ada yang memberi. Contohnya jika seorang teman ulang tahun dan yang lain memberikan hadiah dengan tulus.
            Sifat dari Ikatan Ion adalah Keras, namun Rapuh, dan kaku. 
Hubungan ini sangat erat kaitannya dengan manusia karena manusia bersifat keras namun rapuh apabila hatinya sudah tersentuh. Contohnya bila seorang wanita yang awalnya tidak bisa menerima laki- laki yang menyukainya tetapi laki- laki itu berusaha ntuk meluluhkannya lama kelamaan wanita itu akan luluh dengan sendirinya.
2.        Ikatan Kovalen Adalah ikatan yang terjadi karena pemakaian pasangan elektron secara bersama oleh 2 atom yang berikatan. Ikatan kovalen terjadi akibat ketidakmampuan salah 1 atom yang akan berikatan untuk melepaskan elektron (terjadi pada atom-atom non logam). Ikatan kovalen terbentuk dari atom-atom unsur yang memiliki afinitas elektron tinggi serta beda keelektronegatifannya lebih kecil dibandingkan ikatan ion.
            Ini juga salah satu alasan kita menjalin hubungan dengan orang lain. Ada sesuatu yang bisa dibagi. Ilmu, cerita, pengetahuan, dan sebagainya. Hubungan ini terjadi ketika dua orang memiliki potensi yang berbeda namun sulit untuk disatukan. Terkadang ketika misalnya kita berteman dengan seseorang, maka ada bagian yang hilang dari diri kita karena ingin menyesuaikan dengan teman yang lain. Padahal seharusnya teman yang baik bisa mengerti kelebihan dan kekurangan temannya, tidak seharusnya seorang teman mengubah jati diri temannya untuk menjadi apa yang dia inginkan.
            Ikatan Kovalen memiliki sifat yang kuat. Seperti atom Hidrogen yang membagi bersama sepasang elektron, sehingga perputaran elektron menjadi sepasang. 
Ternyata hubungan yang terjadi dengan saling berbagi dapat menguatkan satu dengan yang lainnya. Didunia nyata, ikatan kimia tidak dapat sepenuhnya dikatakan ionik atau kovalen, seringkali lebih cocok menggunakan istilah seberapa ionik atau seberapa kovalen. Begitu pula layaknya hubungan manusia. Tidak bisa diidentikan dengan sepenuhnya ionik atau sepenuhnya kovalen. Namun merupakan gabungan antara keduanya. Di dalam hubungan ada Take and give, maupun sharing. Yang pasti apapun jenis hubungan itu, untuk menjadikan kita menjadi stabil dan lebih baik.
SUMBER :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar