Senin, 15 Oktober 2012

Latar Belakang Ilmu Budaya Dasar dan Tujuan Ilmu Budaya Dasar pada Mahasiswa S1 Psikologi

A. LATAR BELAKANG ILMU BUDAYA DASAR PADA MAHASISWA PSIKOLOGI

        Seperti yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya, pada dasarnya ilmu budaya dasar merupakan ilmu yang mempelajari tetang dasar-dasar kebudayaan. Karena manusia sebagai homo humanus (manusia yang berbudaya), maka siapapun wajib mempelajari ilmu budaya dasar, termasuk mahasiswa psikologi. Beberapa latar belakang ilmu budaya dasar dan hubungannya dengan psikologi:
Suatu kenyataan bahwa negara kita Indonesia, memiliki berbagai macam suku bangsa dan keaneka ragaman budaya. Bagi mahasiswa psikologi, ini penting karena ketika mahasiswa tersebut lulus dan menjadi psikolog, ia akan menangani berbagai macam pasien dari berbagai daerah dan suku. Berbeda daerah, berbeda kebiasaan, berbeda pula cara menanganinya.
Perkembangan kemajuan dibdang teknologi. Karena kemajuan dalam hal ini begitu besar, selain memiliki dampak yang baik, tidak menutup kemungkinan memiliki dampak buruk secara psikologis pada masyarakat kita. Dalam hal ini, mahasiswa psikologi wajib mempelajari ilmu budaya dasar agar dapat mengikuti perkembangan psikologis masyarakat jaman sekarang.
 Latar belakang IBD dalam konteks budaya dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut:
  1.           Kenyataan bahwa bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan segala keaneka- ragaman dan tidak bisa lepas dari ikatan-ikatan primordial, kesukuan dan kedaerahan.
  2.         Proses pembangunan yang sedang berlangsung menimbulkan perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga mental manusiapun terkena pengaruhnya.

B. TUJUAN MEMPELAJARI ILMU BUDAYA DASAR PADA MAHASISWA PSIKOLOGI


       Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities) akan tetapi IBD semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat:
  1.  Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
  2.  Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bagnsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Denganmemiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi.
Tujuan yang paling utama dari mempelajari ilmu budaya dasar ini adalah menjadikan lulusan-lulusan perguruan tinggi dapat memiliki kesamaan bahan pembicaraan dari jurusan manapun. Nantinya lulusan perguruan tinggi juga memiliki pengetahuan yang luas tetang budaya-budaya Indonesia dan diharapkan memiliki minat untuk mempelajari dan mencintainya secara mendalam.
Sedangkan tujuan bagi mahasiswa psikologi diantaranya:
  1. Diharapkan mahasiswa psikologi dapat memahami berbagai macam budaya-budaya di Indonesia,    agar ketika lulus dan menjadi psikolog, dapat lebih mudah memahami pasien yang notabennya memiliki latar belakang atau budaya yang berbeda-beda.
  2. Dapat mengusahakan berkomunikasi dengan baik, agar lebih mudah berkomunikasi satu sama lain, tidak hanya di bidang psikologi saja.
  3. Dapat memiliki pandangan secara luas, agar dapat dimanfaatkan secara penuh.
  4. Dapat menanamkan keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai psikologis yang dianggap benar, dan dapat menolak nilai-nilai yang tidak dapat dibenarkan.
Memahami beberapa budaya manusia secara medalam dan  memiliki kepekaan terhadap masalah masalah yang ada dalam sebuah pemikiran, perasaan, maupun perilaku manusia tersebut.


Nama : Laela Istiqomah
Kelas : 1PA08
NPM : 14512152
Jurusan : Psikologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar